Sabtu, 26 Januari 2013

PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK


PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK
Perubahan ling-kungan adalah perubahan keadaan atau  sifat dari suatu daerah.
Faktor-faktor alam penyebab perubahan lingkungan di bumi, antara lain : angin,hujan, gelombang air laut, dan cahaya matahari. Apa yang terjadi jika matahari secara terus-menerus memancarkan cahayanya ke bumi? Lambat laun permukaan bumi akan mengalami perubahan fisik, terutama pada tanah dan lingkungan sekitarnya. Kemarau panjang terjadi. Tanah menjadi kering dan tandus. Rumput-rumputan yang semula tumbuh menghijau menjadi kering. Pepohonan yang semula berdaun lebat menjadi meranggas.
A.Faktor-Faktor Alam Penyebab Perubahan Lingkungan di Bumi
Faktor alam maksudnya penyebab sesuatu yang berasal dari alam.
1.Angin
Angin merupakan udara yang bergerak. Angin bergerak dari daerah yang mempunyai tekanan tinggi ke daerah yang mempunyai tekanan rendah.
Daerah yang menerima panas akan menjadi bertekanan rendah. Hal ini menyebabkan udara di daerah tersebut menjadi naik. Tempat yang telah ditinggalkan oleh udara yang naik itu akan diisi oleh udara dari daerah dingin. Daerah yang berudara dingin mempunyai tekanan yang tinggi. Jadi, udara yang mengalir dari daerah dingin ke daerah panas itulah yang memungkinkan terjadinya angin.
Para nelayan yang mencari ikan di laut banyak bergantung pada angin,terutama angin darat dan angin laut. Angin darat dimanfaatkan untuk berangkat mencari ikan di tengah laut, sedangkan angin laut dimanfaatkan untuk pulang kembali ke daratan. Tahukah kamu waktu terjadinya angin darat dan angin laut? Angin sepoi-sepoi yang bertiup di areal persawahan juga bermanfaat bagi tumbuhan untuk membantu melakukan penyerbukan. Pada bidang olahraga, angin juga memiliki peranan penting, yaitu, untuk mendukung olahraga selancar angin dan terbang layang. Angin juga dapat merugikan. Misalnya, angin yang bertiup sangat kencang dapat mengakibatkan rumah roboh, pohon-pohon tercabut atau tumbang, serta sarana komunikasi dan listrik menjadi rusak. Angin tersebut dinamakan angin ribut. Peristiwa ini sering disertai hujan yang sangat deras.
Salah satu jenis angin ribut yang paling merusak adalah tornado/lesus. Angin ini bergerak cepat dalam bentuk spiral dan sering melanda daerah-daerah di negara Amerika Serikat. Menurut catatan, kerusakan paling hebat terjadi padatanggal 18 Maret 1925. Dalam waktu3 jam, angin ini telah mampu merusak tanah sepanjang 350km, menyebabkan kematian 689 orang,menciderai 3.000 orang, dan merobohkan banyak bangunan.
2.Hujan
Banyaknya air hujan yang turun di suatu tempat dalam waktu tertentu dinamakan curah hujan. Curah hujan di Indonesia sepanjang tahun tidak merata. Jadi, curah hujan yang turun merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pertanian, perkebunan, kehutanan, dan peternakan.
3.Gelombang Air Laut
Gelombang air laut maksudnya gerakan air yang disebabkan karena adanya angin yang bertiup.Gelombang ini hanya menggerakkan air laut sampai kedalaman kurang dari 20 meter dari permukaan laut. Gelombang air laut biasanya menuju ke pantai.Gelombang air laut yang tidak terlalu besar dapat menjadi pemandangan yang cukup indah. Kita dapat menikmati indahnya gelombang tersebut dari pinggir pantai.
Ada tiga macam gerakan air laut, yaitu gelombang (ombak), arus laut, serta gerakan air laut akibat pengaruh pasang surut. Saat berada di pantai, kita sering melihat tumbuhan pantai. Tumbuhan pantai tersebut dapat mencegah terjadinya abrasi. Abrasi adalah pengikisan atau erosi pantai yang disebabkan oleh gelombang air laut. Apa yang terjadi jika suatu pantai terkena abrasi terus-menerus?
4.Matahari
Matahari merupakan sumber energi bagi se-mua makhluk hidup. Kehidupan di bumi tidak dapat lepas dari peran matahari. Matahari tidak boleh dilihat secara langsung karena dapat menyebabkan kebutaan. Para astronom melihat matahari dengan cara memasang dua cermin pada puncak  teleskop surya. Cermin ini berfungsi untuk memantulkan citra matahari melalui tabung pada cermin di bawah.Di dalam tabung terdapat ruang hampa udara. Ruang ini berfungsi mencegah distorsi (perubahan bentuk) matahari yang disebabkan oleh udara dimenara.
Jadi, matahari memiliki peran yang sangat penting terhadap bumi dan seluruh isinya. Contoh peran-peran tersebut, antara lain:
a.sebagai sumber panas sehingga dapat menyebabkan air menguap dan hujan turun,
b.sebagai sumber cahaya,
c.sebagai salah satu faktor penting terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan,
d.dalam bidang industri dapat digunakan sebagai penggerak mobil tenaga surya serta untuk kompor matahari.
Sinar matahari yang dipancarkan selain menguntungkan juga bersifat merugikan. Beberapa contohnya, antara lain:
a.       dapat menimbulkan kemarau panjang sehinggamata-mata air, waduk-waduk, serta sungai-sungai mengering sehingga makhluk hidup menjadi kekurangan air dan sumber makanan;
b.      dapat menimbulkan kanker kulit;
c.       dapat menyebabkan kebakaran hutan.
Sinar matahari merupakan energi yang tersedia di alam secara gratis dan dalam persediaan yang hampir tak terbatas.Coba bayangkan andai kita harus membayar setiap panas dari matahari yang kita gunakan.
B.Erosi Tanah dan Abrasi
Erosi tanah adalah pengikisan tanah yang umumnya disebabkan oleh aliran air atau tiupan angin.
Abrasi adalah pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang air laut.
1.Erosi Tanah dan Cara Pencegahannya
Menurut Pollock (2000),suatu pulau pernah ditinggalkan semua penduduknya karena tanah di pulau tersebut tidak dapat lagi menyediakan zat pangan yang cukup bagi tumbuhan.Pulau itu bernama Pulau Paskah yang terletak di lepas pantai Cile. Pulau tersebut mengalami erosi besar-besaran karena semua pohon yang tumbuhditebang. Tujuan penebangan itu adalah untuk mempermudah pemahatan dan pemindahan patung-patung kepala yang terbuat dari batu-batu besar.
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia. Namun, sayangnya pe-nebangan kayu-kayu besar yang banyak dilakukan tidak dibarengi dengan penanaman kembali lahan kosong tersebut Akibatnya sudah pasti,banjir dan tanah longsor di musim penghujan dan kekeringan dan kebakaran hutan di waktu musim kemarau.
Cara mencegah dan menanggulangi terjadinya erosi :
a.membuat terasering/sengkedan pada tanah yang miring,
b.tidak menebang pohon di hutan secara liar,
c.mengadakan reboisasi,
d.mengadakan hutan lindung.

2.Abrasi dan Cara Pencegahannya
Selain erosi, pengikisan tanah juga dapat disebabkan oleh gelombang air laut. Pengikisan ini disebut abrasi. Abrasi biasanya terjadi di pantai.
Apa yang menyebabkan abrasi?
Abrasi, entah disadari atau tidak, banyak disebabkan oleh kegiatan yang dilakukan manusia.
Mengapa demikian?
Karena sebenarnya alam telah memberikan pelindung-pelindung alami pada pantai untuk mencegah abrasi. Pelindung-pelindung tersebut berupa pohon-pohon atau batu-batu karang yang berada di sekitar pantai.
Entah disadari atau tidak, setiap tahun garis tepi pantai diberbagai belahan bumi telah mengalami penyempitan beberapa sentimeter akibat abrasi. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka lama-kelamaan luas daratan yang kita diami ini akan makin menyempit. Untuk mengatasi itu semua,kita wajib mengga-lakkan penanaman kembali hutan-hutan bakau yang telah banyak ditebangi. Selain dapat mencegah abrasi, hutan bakau tempat yang baik bagi kehidupan ikan.
Abrasi dapat dicegah dan ditanggulangi dengan langkah-langkah, antara lain:
a.       tidak membangun gedung-gedung di daerahpantai,
b.      tidak menebangi pohon-pohon di sekitar pantai,
c.       mengadakan reboisasi pohon-pohon yang dapat tumbuh di daerah pantai dan mampu menahan gempuran gelombang air laut,
d.      tidak merusak batu-batu karang yang beradadi sekitar pantai.

1.       Lingkungan tempat tinggal kita selalu mengalami perubahan.
2.       Faktor-faktor penyebab perubahan lingkungan di daratan, antaralain, angin, hujan, gelombang air laut, dan cahaya matahari.
3.       Keberadaan angin selain memberikan manfaat, juga dapat me-rugikan makhluk hidup.
4.       Banyaknya air hujan yang turun pada suatu tempat dalam waktu tertentu disebut curah hujan.
5.       Tinggi rendahnya curah hujan sangat bermanfaat untuk mendu-kung bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan.
6.       Matahari merupakan sumber energi utama di bumi.
7.       Gelombang air laut dapat menyebabkan abrasi.
8.       Abrasi adalah pengikisan yang terjadi pada daerah pantai.
9.       Erosi adalah pengikisan tanah oleh aliran air atau tiupan angin.

Latihan Soal
1.       Angin bergerak dari daerah ....
2.       Angin yang bertiup kencang disebut ....
3.       Banyak sedikitnya air hujan yang turun pada suatu tempat dalam waktu tertentu disebut ....
4.       Erosi dapat disebabkan oleh ....
5.       Sumber energi utama di bumi adalah ....
6.       Untuk mencegah terjadinya erosi pada tanah miring dapat dibuat ....
7.       Contoh-contoh pohon yang dapat tumbuh di daerah pantai adalah ....
8.       Angin sepoi-sepoi yang bertiup di areal persawahan dapat membantu tumbuhan melakukan ....
9.       Pohon jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk ....
10.   Curah hujan merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhibidang ....
11.   Sebutkan faktor-faktor penyebab perubahan lingkungan di daratan!
12.   Apa yang terjadi jika tidak turun hujan dalam kurun waktu yang sangatlama?
13.   Apa yang menyebabkan terjadinya abrasi?
14.   Bagaimana cara mencegah dan menanggulangi terjadinya abrasi?
15.   Sebutkan cara yang dapat ditempuh untuk mencegah dan menang-gulangi terjadinya erosi!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar