Sabtu, 26 Januari 2013

Pengertian Gaya.


Pengertian Gaya.
Gaya  adalah dorongan atau tarikan yang diberikan pada suatu benda. Untuk melakukan suatu gaya, diperlukan tenaga. Gaya dan tenaga mempunyai arti yang tidaksama, namun keduanya saling berhubungan. Gayatidak dapat dilihat, tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Tarikan dan dorongan yang dilakukan memerlukan tenaga. Gaya ada yang kuat dan ada pula yang lemah. Makin besar gaya dilakukan, makin besar pula tenaga yang diperlukan. Besar gaya dapat diukur dengan alat yang disebut dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N). Gaya dapat memengaruhi gerak dan bentuk benda. Gerak adalah perpindahan posisi atau kedudukan suatu benda.Bentuk benda adalah gambaran wujud suatu benda.
Berbagai Cara Mengubah Gerak atau Bentuk Suatu Benda
1.Gerak Benda
Gerak benda dapat bermacam-macam. Sebuah benda dikatakan bergerak bila kedudukannya berubah terhadap benda lain yang berfungsi sebagai patokan. Mobil-mobilan dapat meluncur karena ada dorongan dari karet. Makin regang karet, maka makin besar dorongan yang dihasilkan. Dorongan yang besar menyebabkan mobil-mobilan meluncur lebih cepat dan jauh. Dorongan karet pada mobil hanya terjadi pada saat karet mengenai mobil-mobilan.
Bola karet dan kotak kardus yang diletakkan di atas meja mula-mula dalam keadaan diam. Setelah didorong dengan ujung jari, maka bola karet akan bergerak. Demikian juga dengan kotak kardus. Ketika ditarik, kotak kardus akan bergerak. Jadi, dorongan dan tarikan membuat benda diam menjadi bergerak.
2.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Benda
Jika kamu melepaskan sebuah bola dari tanganmu, maka bola tersebut akan jatuh ke tanah. Berdasarkan peristiwa di atas, bola langsung jatuh ke bawah begitu dilepaskan dari pegangan meskipun tidak ada dorongan tangan. Jadi, ada gaya lain yang menarik bola itu ke bawah. Tarikan tersebut berasal dari bumi. Semua benda yang berada di dekat permukaan bumi akan ditarik oleh bumi. Tarikan tersebut dinamakan gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi itulah yang menyebabkan semua benda memiliki berat.
Jadi gaya gravitasi bumi adalah sebuah gaya tarik yang disebabkan oleh tarikan bumi.
Gaya gravitasi di Bulan seperlima gaya gravitasi di Bumi. Hal tersebut menyebabkan tubuh astronot me-layang di udara saat di Bulan. Pada saat bola memantul ke atas dan didorong, maka bola akan turun dengan cepat dan kembali memantul lebih tinggi.Mengapa demikian? Bola dapat memantul lebih keras karena gaya yang dilakukan makin kuat. Jadi, gaya memengaruhi kecepatan gerak suatu benda.
3.Gaya Dapat Mengubah Bentuk atau Gerak Benda
a.Gaya Dapat Mengubah Bentuk Suatu Benda
Gaya DapatMengubah Batu Menjadi Patung. Gaya Dapat Mengubah Tanah Liat Menjadi Guci.
b.Gaya Dapat Mengubah Arah Gerak SuatuBenda
Jika kita menendang atau mendorong bola, maka bola akan bergerak ke arah tertentu. Apa yang terjadi jika kita  menendang atau mendorong bola yang sedang bergerak?  Tendangan ke Arah Bola yang Bergerak Dapat Mengubah ArahGerak Bola Tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sifat – sifat gaya antara lain :
1.       Gaya dapat mengubah bentuk benda.
2.       Gaya dapat mengubah arah gerak benda
3.       Gaya dapat menyebabkan benda bergerak
Jenis gaya :
Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kegiatan yang melibatkan gaya. Permainan tarik tambang merupakan salah satu contoh penerapan gaya. Setiap kelompok memberikan gaya berupa tarikan pada tali tambang. Permainan ini akan dimenangkan oleh kelompok yang dapat memberikan gaya lebih besar pada tali tambang. Gaya merupakan kekuatan bisa berupa tarikan atau dorongan yang dikenakan pada suatu benda sehingga benda tersebut berubah posisi atau bentuknya. Secara umum gaya dapat dibedakan menjadi dua yaitu gaya sentuh atau gaya tak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang dilakukan secara langsung antara benda yang mengerjakan dan benda yang dikeni gaya. Jenis gaya sentuh antara lain sebagai berikut :

Gaya Otot
Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh otot manusia atau hewan. Contoh seorang pemain bola menendang bola, saat kita mendorong meja atau lemari, dan sapi menarik gerobak.

Gaya Gesek
Gaya gesek yaitu gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan saling bersentuhan. Semakin kasar permukaan benda semakin besar gaya gesek yang ditimbulkan.
Contoh :
·         Sepeda yang melaju kemudian di rem akan berhenti, gaya gesek antara rem dan ban sepeda mengakibatkan sepeda berhenti
·         Mengasah pisau menggunakan gerinda, Adanya gaya gesek antara mata pisau dengan gerinda mengakibatkan mata pisau menjadi tajam;
Gaya Pegas
Gaya pegas adalah gaya yang terjad pada pegas. Gaya pegas ini berupa tarikan atau regangan dan rapatan.
Contoh :
Orang melompat-lompat di atas trampolin;
Karet gelang yang ditarik;
Anak panah melesat dari busur;
Batu terlempar dari katapel;

Gaya Tak Sentuh
Gaya tak sentuh merupakan gaya yang dikenakan pada suatu benda tidak secara langsung. Dengan kata lain, tidak ada kontak langsung antara benda yang mengerjakan gaya dengan benda yang dikenai gaya. Jenis gaya tak sentuh adalah sebagai berikut :
Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi merupakan gaya yang ditimbulkan oleh benda untuk menarik benda lain ke arah pusat gaya yang berangkutan. Contoh gaya gravitasi adalah buah kelapa yang jatuh ke bawah karena pengaruh gaya gravitasi bumi



Gaya Magnet
Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. Paku yang didekatkan ke magnet akan bergerak menuju magnet kemudian akan menempel pada magnet. Hal ini disebabkan karena adanya gaya magnet. Contoh gaya magnet adalah mengangkat barang-barang rongsokan besi dengan menggunakan magnet.

Pengaruh Gaya Terhadap Benda
Pengaruh gaya terhadap benda yang diam
Benda yang diam dapat bergerak jika diberi gaya. Contoh kelerang yang tadianya diam akan bergerak setelah dientil, lemari yang tadinya diam aka bergerak setelah diberi gaya dengan dorongan. Dalam hal ini gaya dapat mempengaruhi gerak benda.

Pengaruh gaya terhadap benda yang bergerak. Benda yang bergerak, jika diberi gaya dapat mengakibtkan benda tersebut berubah menjadi diam, berubah arah, atau juga bisa bergerak lebih cepat. Contoh, bola yang bergerak akan diam apabila ditahan dengan kaki, bola yang yang dilempar ke arah tembok akan berubah arah setelah menumbuk tembok.

Pengaruh gaya terhadap bentuk benda. Suatu benda saat dikenai gaya yang cukup dapat mengakibatkan benda tersebut berubah bentuk. Semakin besar gaya yang dikenakan semakin besar pula perubahan bentuk pada benda tersebut. Contoh, kaleng minuman yang kosong saat diinjak dengan keras akan penyok, batu besar jika dipukul dengan palu akan pecah menjadi batu-batu yang berukuran lebih kecil.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keadaan Benda Bila Dimasukkan kedalam Air
Faktor: suatu halyang dapat mempengaruhi sesuatu.Keadaan benda:kondisi suatu benda.
Setiap benda padat yang kita masukkan ke dalam zat cair akan mengalami peristiwa yang berbeda. Benda padat yang kita masukkan ke dalam zat cair akan tenggelam, terapung, atau melayang.
1.Benda Tenggelam
Kelereng dan peniti yang dimasukkan ke dalam stoples yang berisi air akan jatuh ke dasar air. Hal inilah yang disebut tenggelam. Jadi pengertian tenggelam adalah bila sebuah benda berada di dasar air. Jadi, benda akan tenggelam dalam zat cair bila gaya tekan benda lebih besar dari pada gaya tekan ke atas zat cair yangdidesak atau dipindahkan benda itu.
2.Benda Terapung
Ternyata kayu, batu, gabus, kertas, klip, dankentang mengalami peristiwa yang berbeda. Batu,klip, dan kentang tenggelam dalam air; sedangkan kayu, gabus, dan kertas terapung. Kayu, batu, klip, gabus, kertas, dan kentangketika dimasukkan ke dalam air akan menekan air.Tekanan benda-benda tersebut ada yang besar,ada pula yang kecil. Gabus, kayu, dan kertas menekan air dengan tekanan yang kecil; sedangkan batu, klip, dan kentang menekan air dengan tekanan yang besar. Jadi, benda akan terapung pada zat cair bila gaya tekan benda lebih kecil daripada gaya tekan ke atas zat cair yang didesak atau dipindahkan benda itu. Tentu kamu heran, mengapa kapal laut yangberatnya berpuluh-puluh ton dapat terapung di airlaut? Apa yang menyebabkannya? Hal ini disebabkan gaya tekan ke atas air laut lebih besar daripada gaya tekan kapal terhadap air laut. Pernahkah kamu melihat balon udara yang sedang melayang di udara? Balon tersebut berisi udara yang dipanasi api. Api tersebut terletak di bawah mulut balon yang terbuka. Udara panas dalam balon lebih ringan daripada udara di sekelilingnya sehingga menyebabkan balon melayang.
3.Benda Melayang
Sebutir telur dimasukkan ke dalam wadah yang telah berisi air. Ternyata telur ini tenggelam. Namun, setelah air diberi satu sendok garam lalu diaduk, letak telur mulai mengalami perubahan. Kemudian ditambahkan garam lagi  kedalam air. Ternyata, telur berangsur-angsur naik ke atas sehingga tidak lagi tenggelam di dasar air,tetapi juga tidak terapung. Kondisi ini dinamakan melayang. Jadi benda dikatakan melayang jika benda tersebut beradadi antara dasar air dan permukaan air. Jadi, benda akan melayang dalam zat cair bila gaya tekan benda sama dengan gaya tekan ke atas zat cair yang didesak atau dipindahkan benda itu. Benda terapung: benda yang mengambang di permukaan air.Benda tenggelam: benda terbenam didasar air.
Membuat Benda-Benda yangTerapung  Menjadi Tenggelam atau Sebaliknya
Gabus yang telah ditancapi dengan beberapa buah paku tadi secara perlahan-lahan akan tenggelam ke dasar stoples. Agar gabus dapat terapung kembali, maka paku-paku yang telah ditancapkan pada gabus harus kita ambil lagi. Berkat Penguasaan Ilmu danTeknologi Manusia Dapat Membuat Alat yang Dapat Terapung dan Tenggelam, Yaitu Kapal Selam. Alat apakah yang menggunakan sistem terapung dan tenggelam? Alat tersebut adalah kapal selam.Bila kapal selam diinginkan untuk menyelam, maka ruang penampungan air dalam kapal selam diisi dengan air laut. Bila kapal selam diinginkan untuk terapung, maka air laut yang telah diisikan ke dalam ruang penampungan air dipompa keluar. Begitu seterusnya.

Latihan tentang gaya
1.       Benda dikatakan bergerak jika ....
2.       Jika makin besar gaya yang dilakukan, maka gerakan yang terjadiakan makin ....
3.       Jika kedudukan benda tetap dan tidak berubah terhadap benda lain,maka benda tersebut dalam keadaan ....
4.       Satuan gaya dinyatakan dalam ....
5.       Benda dapat jatuh ke bawah karena adanya gaya ....
6.       Regangan karet menimbulkan gaya ....
7.       Manusia dapat melakukan gaya karena mempunyai ....
8.       Jika gaya tekan benda lebih besar daripada gaya tekan ke atas air,maka benda tersebut akan ....
9.       Contoh perlakuan yang dapat membuat benda yang semula tenggelammenjadi melayang di dalam air adalah ....
10.   Contoh benda-benda yang terapung di air adalah ....
11.   Sebutkan pemanfaatan gaya yang berupa tarikan!
12.   Sebutkan pemanfaatan gaya yang berupa dorongan!
13.   Apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi?
14.   Berikanlah suatu bukti bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatubenda!
15.   Mengapa kapal selam dapat tenggelam dan terapung di air?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar